Gate Ball Open Tournament 2015, TIFF 2015

Gate Ball Open Tournament 2015 Menunjang pelaksanaan iven Tomohon International Flower Festival 2015 yang akan dilaksanakan 7 – 12 Agustus 2015, juga akan dilaksanakan Gate Ball Open Tournament yang nantinya akan diikuti oleh 39 tim yang telah siap dan menyatakan ikut serta dalam tournament ini. Yang nantinya akan memperebutkan hadiah dan tropy dari Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Kegiatan yang bertajuk Tomohon International Flower Festival Gate Ball Open Tournament (TIFFGOT) yang akan dilaksanakan 7-8 Agustus 2015 akan bertempat di Lapangan Kantor Walikota Tomohon.

Kota Tomohon sendiri memiliki dua tim yang terdiri dari PU Tomohon 1 & 2 yang telah mendapatkan prestasi pada kegiatan sebelumnya. Melalui panitia pelaksana Geysbert J Lumempow, Jefri Masie dan Herry Lantang mengatakan bahwa tim-tim yang memastikan diri akan ikut adalah dari Sulawesi Tengah 17 tim, Bali 1 tim, Sulawesi Utara 3 tim, BPJN wilayah XI 3 tim, Paniki 7 tim, Audy 4 tim, PU Tomohon 2 tim dan PU Manado 2 tim.

Selain itu, masih ada beberapa peserta yang berencana ikut yakni NTB 1 tim, Maluku 1 tim, PB Pergatsi dan PU Pusat 3 tim, Kalimantan Timur 2 tim, Papua 2 tim, serta Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara masing-masing 1 tim. Oleh karena itu dalam beberapa hari menjelang pelaksanaan kegiatan lomba ini, Tim Kota Tomohon dari PU terus melakukan latihan guna meraih prestasi yang optimal sekaligus membenahi lapangan yang akan di gunakan untuk lomba.

Seperti yang disampaikan ketua panitia pelaksana Ir.Enos Pontororing Msi bahwa”persiapan terus kami matangkan,lapangan sudah siap. Kami minta seluruh panitia untuk terus bahu-membahu menyukseskan kegiatan ini sekaligus untuk meraih prestasi dalam kegiatan lomba ini sehingga dapat berkompetisi ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Selanjutnya olahraga Gate Ball adalah jenis olah raga yang dinikmati di seluruh dunia yang menggabungkan antara kompetisi dan sebagai hiburan bagi semua orang baik tua maupun muda. Gate Ball dapat dinikmati oleh laki-laki maupun perempuan dari semua generasi, oleh karena itu Gate Ball disebut juga olah raga tanpa batas (barrier-free sport).

Gateball masa kini adalah suatu jenis olahraga yang dapat dimainkan dengan mudah, di manapun berada dan dengan siapapun. Perhimpunan Gate Ball dunia terus memperkenalkan atraksi olah raga internasional yang santai ini sehingga membantu mereka memahami potensi masa depannya. Olahraga Gateball Indonesia dimulai di Bali, sejarahnya dimulai tahun 1995. Persatuan Olahraga Gateball Bali, pada tahun 1995 dulu, merupakan anggota ke-14 di dunia setelah Jepang, Cina, Thailand, Korea, AS, Kanada, Kalifornia, Singapura, dan Hawaii. Adapun di Sulawesi Utara Kota Tomohon yang memprakarsai lomba yang menggabungkan olahraga dan hiburan yang dapat diikuti semua kalangan dalam keluarga maupun masyarakat.