Pengucapan Syukur Se-Kota Tomohon 9 Agustus

TIFF 2015 – Kota Tomohon yang dijuluki Kota Religius akan melaksanakan kegiatan akbar yaitu pelaksanaan Tomohon International Flower Festival 2015. Keesokan harinya tanggal 9 Agustus 2015 akan dilaksanakan Pengucapan Syukur serentak bersama seluruh masyarakat  Kota Tomohon. Ungkapan syukur bersama ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang telah digagas dan direkomendasikan melalui Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Pdt J.Palilingan,Mth, Ketua Badan Musyawara Antar Gereja (BAMAG) Pdt. A.D.Sompe,M.Teol, dan Ketua Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Pdt. Roy. D.Tamaweol,ThM serta yang mewakili tokoh-tokoh masyarakat,yang kembali mengusulkan kepada Pemerintah Kota Tomohon untuk menunjang suksesnya pelaksanaan TIFF dan rangkaian kegiatan lainnya yang dilaksanakan di Kota Tomohon sekaligus menggerakkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

Melalui beberapa agenda kegiatan kerohanian yang merupakan ciri khas kota religius dengan menampilkan Lomba Paduan suara Kebersamaan Antar Denominasi Agama se-Kota Tomohon  dan Lomba Paduan Suara Kebersamaan Pelayan Khusus GMIM 7-8 Agustus di lokasi Taman Kota Kelurahan Paslaten I. Begitujuga dengan pelaksanaan seminar gereja se Asia yang akan dilaksanakan di Tomohon.  Perayaan pengucapan syukur adalah untuk terus menggelorakan Kota Tomohon sebagai Kota Religius. Terutama mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas semua berkat yang di berikannya bagi kita sekalian. Ungkapan syukur ini juga dilaksanakan sebagai upaya untuk terus meningkatkan hubungan emosional, kekerabatan yang telah melekat dan mengakar dalam kehidupan sosial masyarakat mendapat dukung tokoh-tokoh agama di masing-masing kelurahan.

Menurut mereka pengucapan syukur merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap umat yang percaya, oleh karena itu ungkapan syukur harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya bukan dengan pesta pora dan mabuk-mabukan tetapi dengan pesta iman yang penuh keteladanan dan kesederhanaan. Hal ini selaras dengan anjuran dan harapan dari kepolisian resort Tomohon yang mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melaksanakan pengucapan syukur dengan sederhana, bukan dengan pesta pora dan mabuk-mabukan yang telah melenceng dari makna sesungguhnya dari ucapan syukur. Senada denganWalikota Jimmy F Eman, SE.Ak yang sangat mengharapkan agar masyarakat tak terbebani dengan pelaksanaan pengucapan syukur ini. Sebagai Pemerintah Kota Tomohon tentu selalu menghimbau, mengharapkan dan mengajak agar dalam setiap pelaksanaan ucapan syukur, selalu dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan serta bardasarkan kemampuan masing-masing, bahkan dapat dilakukan hanya melalui pemberian persembahan di gereja atau di tempat ibadah sesuai kepercayaan.

“Pengucapan syukur merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap umat yang percaya. Oleh karena itu ungkapan syukur harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya bukan dengan pesta pora dan mabuk-mabukan tetapi dengan pesta iman yang penuh keteladanan dan kesederhanaan,” tegas Eman”. “Jangan memaksakan diri jika kita tak mampu, tetapi haruslah kita terus berusaha dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan kewajiban kita sebagai umat yang percaya”, dan sebagai masyarakat yang beriman tentu harus selalu mengucap syukur dalam segala hal. Yang takkala penting yaitu kita harus terus berusaha, berkarya melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, yang mandiri dan bertanggung jawab siring dengan kewajiban berbagi berkat kepada sesama yang berkekurangan dan membutuhkan uluran tangan kita.

Selanjutnya dalam pelaksanaan pengucapan syukur serentak merupakan perumusan sebagai kegiatan keagamaan yang juga di kemas dalam forum wisata, bakudapa kong baku-baku bae yaitu dalam bingkai kebersamaan. Oleh sebab itu mari kita bahu membahu, mendukung semua program pemerintah dalam pembangunan untuk memacu infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang menyentuh sendi-sendi kehidupan sehari-hari. Seperti yang di sampaikan Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR Arnold Poli,SH MAP yang selalu memberikan motivasi dan topangan bagi seluruh aparatur sipil Negara untuk terus berkarya dalam pengabdian. Beliau juga menegaskan bahwa pengucapan syukur serentak untuk Kota Tomohon akan dilaksanakan pada hari minggu 9 Agustus 2015. (Tim Humas)