SUKSES & SPEKTAKULER, TIFF 2015

Penyelenggaraan pawai kendaraan hias yang mengambil start dari lokasi Ex-Rindam yang diikuti 27 kendaraan hias bunga yang kali ini menampilkan iring-iringan kedaraan hias yang mengambarkan keunikan dan keindahan seluruh peserta yang memberdayakan masyarakat petani dan berdampak signifikan bagi perekonomian masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan prakata walikota Tomohon yang mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon kepada seluruh peserta baik dari luar negeri maupun dari penjuru Indonesia. Selanjutnya beliau menggambarkan seputar pelaksanaan TIFF 2015 dan obyek-obyek wisata yang ada di Kota Tomohon, yang telah mendunia seperti Danau Linou, Gunung Lokon, Air terjun Pinaras, rumah-rumah panggung Woloan yang telah mendunia dan mengangkat ekonomi masyarakat dan ekonomi kerakyatan yang juga memiliki efek ganda.

Sebelum kendaraan hias berparade dilaksanakan launching tanaman aren varietas akel toumuung atau aren Tomohon yang merupakan cikal bakal tanaman aren yang unggul dan hanya terdapat di Kota Tomohon. Hal ini untuk mengangkat dan meningkatkan derajat dan pendapatan petani aren. Tanaman aren sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi lingkungan dan perekonomian.

Gubernur Sulawesi Utara saat membuka kegiatan parade kendaraan hias 2015 memberikan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon yang menggelar iven ini. Sarundajang mengingatkan mimpi dari Charles Holden yang memprakarsai dan memperkenalkan Tounament of Roses Pasadena. Dimana sebelumnya Pasadena tidak lirik dan tak terkenal tetapi memiliki Bungan dan memberdayakan potensi bunga yang selanjutnya menjadi mascot yang menjadikan Pasadena sebagai Kota Pariwisata yang terkenal di seluruh dunia.

Sarundajang mengatakan bahwa Kota Tomohon saat ini tenar karena bunga dengan menggagas parade kendaraan hias bunga yang turut memberdayakan ekonomi masyarakat, melalui promosi pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui terobosan cerdas,kreatif dn inovatif Walikota Tomohon maka Tomohon menjadi Kota Bunga. Dengan bunga kita dapat meningkatkan sumber devisa negara, seperti yang dihasilkan Belanda, Afrika dan beberapan negara penghasil bunga. Saya bangga dengan dengan pelaksanaan TIFF 2015 yang diikuti beberapa negara, harapan saya iven tahunan terus terlaksana dengan sangat baik.

Selanjutnya urut-urutan kendaraan hias yang tampil dalam parade kali ini diawali dengan parade berkuda, tampilan lima bendi hias mewakili setiap kecamatan diikuti tarian kabasaran, Marching Band menyusul float perdana dari Kementerian Pariwisata yang menampilkan Wonderful Indonesia dengan ragam keindahan di Indonesia disusul kendaraan hias dari Selandia Baru yang menampilkan motif gunung dan keindahan alam negara tersebut.

Kendaraan hias Amerika Serikat menampilkan gunung Rosemount yang berlatar belakang pahatan wajah-wajah mantan presiden Amerika. India menampilkan Monumen Taj mahal dan patung ganesha sekaligus menampilkan artis yang membawakan irama lagu kuch kuch hotae. Polandia menampilkan ikon putri duyung yang terkenal dan kesohor di negara tersebut.

Pilipina memperkenalkan Bunga khas Pilipina yaitu bunga melati yang juga merupakan bunga nasional negara ini. Perancis yang menampilkan menara Eifel dan gerbang kemenangan dengan Sembilan puteri. Begitu juga dengan masing-masing peserta dari kementerian dan lembaga lainnya yang menampilkan ciri khas masing-masing dengan dekorasi bunga yang semuanya adalah hasil dari para kelompok tani yang tersebar di Kota Tomohon. Dengan demikian seluruh kendaraan hias yang telah mengambil bagian dalam TOF kali ini telah memberikan multiplier efek ganda bagi masyarakat Kota Tomohon.

Kota Tomohon sebagai tuan rumah tampil sebagai peserta terakhir yang kali ini menampilkan tampilan yang sangat menarik dengan rangkaian bunga krisan yang begitu indah dan memikat setiap pandangan mata yang menyaksikan kendararan hias yang menggunakan mobil besar dan menggunakan kombinasi bunga krisan putih dan kuning serta varietas krisan unggul lainnya dengan delapan varietas unggul yang telah diluncurkan pada hari ini juga.