SEJARAH TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL

HISTORY OF TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL

Tomohon International Flower Festival atau disingkat TIFF telah diselenggarakan sejak Tahun 2008, kemudian dilanjutkan sebagai ajang dua tahunan pada Tahun 2010, 2012, dan 2014. Sejak Tahun 2015, iven ini telah diakui oleh Kementerian Pariwisata RI untuk digelar sebagai ajang tahunan dan telah menjadi kalender iven tiap tahun dari Kementerian Pariwisata RI.

TIFF berawal dari hajatan HUT Kota Tomohon di Bulan Januari Tahun 2006, dimana Pemerintah Kota Tomohon ketika itu menggelar pawai bunga dalam wujud parade kendaraan berhiaskan bunga yang melewati jalur protokol Kota Tomohon, dan pada Bulan Agustus di tahun yang sama, digelar kembali kegiatan pawai bunga tersebut yang diikuti oleh sedikitnya 600-an kendaraan bermotor ditambah iring-iringan Bendi dan Pedati Sapi, yang telah dimodifikasi dan dihias dengan bunga yang merupakan aset turun temurun yang dimiliki oleh masyarakat Kota Tomohon.

Bunga diangkat menjadi salah satu identitas yang dipakai untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Tomohon, karena bunga telah menjadi gaya hidup yang membudaya dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Melihat animo masyarakat yang sangat besar terhadap kegiatan ini, serta mengacu pada cetak biru percepatan pembangunan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dan mengikuti strategi besar Kota Tomohon, sehingga Pemerintah Kota Tomohon berinisiatif untuk menggelar iven Tournament of Flowers Tahun 2008, karena berdampak positif dan memiliki multiplier effect luas.

Dalam persiapan dan perencanaan Tournament of Flowers Tahun 2008, berawal ketika Tahun 2007 tepatnya 14 Januari 2007, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Hj. Anni Bambang Yudhoyono dalam kunjungannya di Tomohon, berkesempatan berdialog dengan petani dan perangkai bunga guna memberi dukungan dengan memperhatikan taraf hidup petani bunga, karena potensi bunga merupakan salah satu potensi alam yang bisa diandalkan di Kota Tomohon.

About

Selanjutnya, pada 23 Januari 2007, Istri Wakil Presiden RI, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla hadir sekaligus membuka dengan resmi pelaksanaan Pameran Bunga dan Lomba Merangkai Bunga, serta melakukan penanaman simbolis bunga khas Tomohon yaitu Phaius (anggrek kelapa) yang disahkan oleh Departemen Pertanian RI sebagai bunga khas Kota Tomohon.

Iven ini ditargetkan meningkatkan arus kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, sehingga Kota Tomohon dan Provinsi Sulawesi Utara serta Indonesia, akan semakin dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata utama. Dengan berbagai kegiatan bertema bunga yang akan digelar pada tanggal 8 – 12 Agustus setiap tahunnya. Untuk pematangan pelaksanaan, Pemerintah Kota Tomohon berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI, serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, serta dukungan sponsor dari berbagai pihak, baik BUMN/BUMD serta Perusahan Swasta. Harapan besar datang dari sebagian besar Pemerintah Provinsi/ Kota/Kabupaten se-Indonesia, juga pihak BUMN/BUMD, swasta, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dan yang ketinggalan adalah harapan para turis yang berkunjung dan menyaksikan TIFF.